Jumat, 21 Oktober 2011

Pengantar Bisnis

  •  PERAMALAN
Peramalan adalah perhitungan yang obyektif dengan menggunakan data-data masalalu untuk menentukan kondisi dimasa  yang akan datang Proses yang menggambarkan peristiwa/kondisi pada masa yang akan datang.Dasar pengambilan keputusan dalam bisnis, meliputi:
·         Produksi
·         Persediaan
·         Keuangan
·         Pemasaran
·         SDM
·         Fasilitas-fasilitas
Tujuh Langkah-langkah dalam Peramalan
1. TentukanPemakai/Pengguna
2. Pemilihan Pernyataan
3. Penentuan Jangka Waktu
4. Pemilihan Model
5. Pengumpulan Data
6. Buat Peramalan
7. Validiti& PenerapanHasilPeramalan

è METODE KUALITATIF
Dalam penelitian sosial, masalah penelitian, tema, topik, dan judul penelitian berbeda secara kualitatif maupun kuantitatif. Baik substansial maupun materil kedua penelitian itu berbeda berdasarkan filosofis dan metodologis. Masalah kuantitatif lebih umum memiliki wilayah yang luas, tingkat variasi yang kompleks namun berlokasi dipermukaan. Akan tetapi masalah-masalah kualitatif berwilayah pada ruang yang sempit dengan tingkat variasi yang rendah namun memiliki kedalaman bahasan yang tak terbatas.
 Pendekatan kualitatif adalah suatu proses penelitian dan pemahaman yang berdasarkan pada metodologi yang menyelidiki suatu fenomena sosial dan masalah manusia. Pada pendekatan ini, peneliti membuat suatu gambaran kompleks, meneliti kata-kata, laporan terinci dari pandangan responden, dan melakukan studi pada situasi yang alami (Creswell, 1998:15). Bogdan dan Taylor (Moleong, 2007:3) mengemukakan bahwa metodologi kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.
Sistematika Penelitian Kualitatif
 Judul
 Abstrak
 Kata Pengantar
 Daftar Isi
 Daftar Gambar
 Bab I Pendahuluan
 Konteks Penelitian
 Fokus Kajian Penelitian
 Tujuan Penelitian
 Manfaat Penelitian
 Bab II Perspektif Teoritis dan Kajian Pustaka
 Bab III Metode Penelitian
 Pendekatan
 Batasan Istilah
 Unit Analisis
 Deskripsi Setting Penelitian
 Pengumpulan Data
 Analisis Data
 Keabsahan data
 Bab IV Hasil dan pembahasan
 Bab VI Kesimpulan dan saran
 Daftar pustaka
 Lampiran

Penjelasan secara ringkas keseluruhan unsur yang ada dalam penelitian kualitatif, yaitu:
·         Judul, singkat dan jelas serta mengisyaratkan fenomena dan fokus kajian penelitian.
·         Abstrak, ditulis sesingkat mungkin tetapi mencakup keseluruhan apa yang tertulis di dalam laporan penelitian.
·         Perspektif teoritis dan kajian pustaka, perspektif teori menyajikan tentang teori yang digunakan sebagai perpektif baik dalam membantumerumuskan fokus kajian penelitian maupun dalam melakukan analisis data atau membahas temuan-temuan penelitian.
·         Metode yang digunakan, menyajikan secara rinci metode yang digunakan dalam proses penelitian.
Jenis-jenis Penelitian Kualitatif
 Penelitian kualitatif memiliki 5 jenis penelitian, yaitu:
 1. Biografi
 Penelitian biografi adalah studi tentang individu dan pengalamannya yang dituliskan kembali dengan mengumpulkan dokumen dan arsip-arsip. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap turning point moment atau epipani yaitu pengalaman menarik yang sangat mempengaruhi atau mengubah hidup seseorang. Peneliti menginterpretasi subjek seperti subjek tersebut memposisikan dirinya sendiri.
 2. Fenomenologi
 Penelitian fenomenologi mencoba menjelaskan atau mengungkap makna konsep atau fenomena pengalaman yang didasari oleh kesadaran yang terjadi pada beberapa individu. Penelitian ini dilakukan dalam situasi yang alami, sehingga tidak ada batasan dalam memaknai atau memahami fenomena yang dikaji.
3. Grounded theory
 Walaupun suatu studi pendekatan menekankan arti dari suatu pengalaman untuk sejumlah individu, tujuan pendekatan grounded theory adalah untuk menghasilkan atau menemukan suatu teori yang berhubungan dengan situasi tertentu .
 4. Etnografi
 Etnografi adalah uraian dan penafsiran suatu budaya atau sistem kelompok sosial. peneliti menguji kelompok tersebut dan mempelajari pola perilaku, kebiasaan, dan cara hidup. Etnografi adalah sebuah proses dan hasil dari sebuah penelitian.
5. Studi kasus
 Penelitian studi kasus adalah studi yang mengeksplorasi suatu masalah dengan batasan terperinci, memiliki pengambilan data yang mendalam, dan menyertakan berbagai sumber informasi. Penelitian ini dibatasi oleh waktu dan tempat, dan kasus yang dipelajari berupa program, peristiwa, aktivitas, atau individu
Beberapa metode pengumpulan data dalam penelitian kualitatif, yaitu:
1. Wawancara
 Wawancara merupakan alat re-cheking atau pembuktian terhadap informasi atau keterangan yang diperoleh sebelumnya. Tehnik wawancara yang digunakan dalam penelitian kualitatif adalah wawancara mendalam. Wawancara mendalam (in–depth interview) adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab sambil bertatap muka antara pewawancara dengan informan atau orang yang diwawancarai, dengan atau tanpa menggunakan pedoman (guide) wawancara, di mana pewawancara dan informan terlibat dalam kehidupan sosial yang relatif lama.
2. Observasi
Beberapa informasi yang diperoleh dari hasil observasi adalah ruang (tempat), pelaku,       kegiatan, objek, perbuatan, kejadian atau peristiwa, waktu, dan perasaan.
beberapa bentuk observasi yang dapat digunakan dalam penelitian kualitatif, yaitu observasi partisipasi, observasi tidak terstruktur, dan observasi kelompok tidak terstruktur.
§  Observasi partisipasi (participant observation) adalah metode pengumpulan data yang digunakan untuk menghimpun data penelitian melalui pengamatan dan pengindraan dimana observer atau peneliti benar-benar terlibat dalam keseharian responden.
§  Observasi tidak berstruktur adalah observasi yang dilakukan tanpa menggunakan guide observasi. Pada observasi ini peneliti atau pengamat harus mampu mengembangkan daya pengamatannya dalam mengamati suatu objek.
§  Observasi kelompok adalah observasi yang dilakukan secara berkelompok terhadap suatu atau beberapa objek sekaligus.
3. Dokumen
 Sejumlah besar fakta dan data tersimpan dalam bahan yang berbentuk dokumentasi. Sebagian besar data yang tersedia adalah berbentuk surat-surat, catatan harian, cenderamata, laporan, artefak, foto, dan sebagainya.
4. Focus Group Discussion (FGD)
 Focus Group Discussion (FGD) adalah teknik pengumpulan data yang umumnya dilakukan pada penelitian kualitatif dengan tujuan menemukan makna sebuah tema menurut pemahaman sebuah kelompok. Teknik ini digunakan untuk mengungkap pemaknaan dari suatu kalompok berdasarkan hasil diskusi yang terpusat pada suatu permasalahan tertentu.
è Metode kuantitatif
Metode kuantitatif adalah ilmu dan seni yang berkaitan dengan tata cara (metode) pengumpulan data, analisis data, dan interpretasi hasil analisis untuk mendapatkan informasi guna penarikan kesimpulan dan pengambilan keputusan. (Tuban, 1972 dalam Solimun, 2001). Render, B., et al, 2006 mengemukakan metode kuantitatif adalah pendekatan ilmiah untuk pengambilan keputusan manajerial & Ekonomi.
 Metode kuantitatif merupakan pendekatan yang menyangkut pendugaan parameter, pengujian hipotesis, pembentukan selang kepercayaan, dan hubungan antara dua sifat (peubah) atau lebih bagi parameter-parameter yang mempunyai sebaran (distribusi normal) tertentu yang diketahui. Metode kuantitatif berlandaskan pada anggapan-anggapan tertentu yang telah disusun terlebih dahulu, jika anggapan-anggapan tersebut tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya, apalagi jika menyimpang jauh maka keampuhan metode ini tidak dapat dijamin atau bahkan dapat menyesatkan
Mengacu pada tahapan-tahapan pendekatan metode analisis kuantitatif di atas, penting untuk direnungkan dan diingat bahwa pemilihan teknik kuantitatif yang relewan sangat tergantung dari apa problem dan tujuan yang hendak dicapai. Tujuan utama riset bisnis tidak selalu diperoleh dalam lingkungan yang ketat. Pengembangan tujuan kerangka analitik dibedakan dua wilayah, yaitu: (1) Non-scientific Business Research yaitu riset bisnis yang sistematis namun tidak ilmiah dengan tujuan eksplorasi, deskriptif dan prediktif. Fokus analisisnya mengungkap fenomena yang menarik bagi akuntansi & manajemen; (2) Scientific Business Research adalah rencana riset bisnis yang sistematik dan ilmiah dimana tujuan riset dapat dideskriptif, prediksi atau kausalitas. Fokus analisisnya mendapatkan hasil yang dapat digeneralisi.
è PENELITIAN PASAR
 Penelitian pasar adalah suatu proses sistematis yang dilakukan untuk mengumpulkan data, mencatat, mengolah, dan menganalisis data/informasi yang berkaitan dengan pemasaran produk/jasa.
 Penelitian pasar dilakukan, seperti prosedur proses penelitian ilmiah lainya, yaitu mulai mengumpulkan data, mengolah data, menganalisis, dan menarik kesimpulan.
 Tujuan penelitian pasar adalah mengumpulkan informasi untuk pengambilan keputusan. Wirausaha selalu membutuhkan informasi dan pengetahuan tentang pasar mereka. Penelitian pasar dapat membuat keputusan pemasaran yang lebih baik. Penelitian pasar dapat membantu kita untuk menemukan pasar yang menguntungkan, memilih produk yang dapat dijual, menentukan perubahan dalam perilaku konsumen, meningkatkan teknik-teknik pemasaran, dan merencanakan sasaran-sasaran yang realistis.
 Perusahaan yang sudah besar mungkin dapat mengangkat tenaga ahli pemasaran untuk melakukan penelitian pasar atau menyewa konsultan penelitian pasar. Tetapi, untuk usaha perorangan yang masih relatif kecil, wirausaha mungkin tidak dapat menggaji seorang ahli pemasaran. Meskipun demikian, wirausaha tetap harus dapat mengetahui pelanggan dan mampu mempelajari apa yang disukai dan tidak disukai serta pola konsumsi mereka yang selalu berubah-ubah .
 Penelitian pasar menyediakan data dan informasi pasar yang dibutuhkan wirausaha untuk mengurangi resiko, mengurangi persoalan dan masalah potensial pada usaha anda saat ini, mengenal peluang pasar yang baru, memperoleh informasi, dan fakta tentang usaha untuk dimanfaatkan dalam membuat keputusan serta rencana tindak yang lebih nyata.
è Kecerdasan Kompetitif
Kecerdasan Kompetitif adalah analisis informasi publik tentang pesaing-pesaing perusahaan. Kecerdasan perusahaan merubah ketidakpuasan pelanggan menjadi keunggulan kompetitif. Dan perusahaan yang cerdas menggunakan metode yang baru dan inovatif dan alat-alat untuk mengukur minat dan kepuasan pelanggan.

FedEx, misalnya, meluncurkan sebuah tool berbasis web yang memungkinkan pelanggan - baik pengirim dan penerima - untuk melacak secara langsung jalannya pengiriman paket di dalam sistem. Netflix, perusahaan persewaan film berbasis web, dan Amazon, penjual buku online terbesar di dunia, yang menggunakan algoritma komplek untuk menentukan preferensi pelanggan, rekomendasi masyarakat dan interaksi pengguna dengan situs Web untuk memprediksi selera film dan membuat rekomendasi pembelian.

Peralatan Baru, Pikiran Baru
 Masyarakat terus menjadi sumber inspirasi dan kecerdasan. Dalam produk tradisional dan model pemasaran, perusahaan akan memberikan fokus di pasar sasaran mereka untuk menentukan apakah mereka telah memiliki penampilan, fitur dan pesan yang tepat untuk menjual produk.

Dalam perekonomian yang berbasiskan Web saat ini, perusahaan memanfaatkan aplikasi Web 2.0 dan jaringan sosial seperti Linked In, Facebook dan MySpace-untuk mengumpulkan umpan balik konsumen dan masukan selama melakukan desain dan pemasaran, perusahaan bahkan menggunakan jaringan sosial dan komunitas umum untuk memecahkan beberapa masalah yang paling membingungkan selama desain produk dan pengembangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
JEPARA, JAWA TENGAH, Indonesia
apa adanya yang diciptakan Allah kepada saya

grafity

grafity
emO